Murah Meriah Merawat Body Part

Murah Meriah Merawat Body Part
Murah Meriah Merawat Body Part. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Sering ditemui, bodi motor pecah atau retak, biasanya disebabkan oleh  getaran motor saat dipakai atau terbentur benda lain. Dan sisi yang paling rawan retak/pecah, adalah di lubang bodi, tempat menyambung bodi dengan bodi bagian lain.  

Akibatnya, tampilan motor akan berkurang, karena body tidak kompak/presisi. Dipaksa terpasang pun bisa menganggu / membahayakan saat dikendarai. Satu-satunya langkah terakhir, jelas wajib menebus body baru yang tentu menguras kantong.

Bodi motor (body part) yang sudah retak atau pecah, bisa diakali dengan trik dan perawatan jitu yang jamak dilakukan Otrelover rumahan. Trik sederhana, jika body pecah/retak, yakni  disambung solder, lalu didempul ulang, diampelas dan terakhir dicat semprot.

Pengerjaannya ini sebenarnya mudah, hanya butuh ketelatenan. Untuk penyolderan, pilih solder berdaya (watt)  cukup besar, sehingga besar suhu panas yang dikeluarkan semakin panas pula, dan pasti untuk menyatukan antara bahan plastik lebih kuat pula.
 
Usai proses penyambungan, lakukan pendempulan dan pengampelasan agar permukanan bisa merata. Khusus finishing cat semprot, warna beragam. Paling sip, disesuaikan warna dasar bodi.

Hasil maksimal, usai painting manual bisa komponisasi agar hasil lebih mengkilap dan rata.  Sebagai preventif, di setiap sambungan bodi bisa dipasang tali strap.  Cukup hemat dan mudah kan? (dhmz/ototrend/jpnn)

Keterangan
Solder                                      Rp : 30 ribu – 50 ribu
Dempul Plastik Kaleng Kecil      Rp : 15 ribu – 20 ribu
Kertas Gosok 1 Lembar             Rp : 2 ribu – 3 ribu
Cat Semprot 1 Kaleng               Rp : 15 ribu – 20 ribu


Sering ditemui, bodi motor pecah atau retak, biasanya disebabkan oleh  getaran motor saat dipakai atau terbentur benda lain. Dan sisi yang paling


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News