11 KA Jarak Jauh Masih Disubsidi Selama Tiga Bulan

11 KA Jarak Jauh Masih Disubsidi Selama Tiga Bulan
11 KA Jarak Jauh Masih Disubsidi Selama Tiga Bulan. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah tahun ini masih memberikan subsidi pada kereta api ekonomi jarak jauh. Pemberlakuan subsidi tersebut bakal berlaku hanya tiga bulan, yakni mulai 1 Maret-30 Juni 2015.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko mengatakan pemberlakuan subsidi kereta ekonomi jarak jauh baru diberlakukan Maret lantaran bulan sebelumnya tiket sudah banyak yang ludes terpesan.

"Diberlakukan mulai Maret-Juni karena tiket sebelum bulan Maret sudah banyak yang dipesan," ujar Hermanto di Jakarta, Sabtu (2/1).

Total nilai subsidi KA jarak jauh dalam pagu anggaran tahun 2015 sebesar Rp 115.068.716.485. Dengan jumlah angkut 1.976.022 orang.

Selain itu, pihaknya juga tengah menunggu revisi Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2009 tentang PNBP yang mengatur tentang TAC atau tarif akses rel kereta api yang harus dibayar oleh PT KAI pada pemerintah.

"Tadi kami sudah tandatangan kontrak harga baru. Nanti sesudah revisi disetujui, harga akan diperbaharuhi," katanya. (chi/jpnn)

Berikut 11 KA jarak jauh yang disubsidi pemerintah:

1. KA. Logawa (Purwokerto- SGU-Jember), tarif kereta Rp 50.000.

JAKARTA - Pemerintah tahun ini masih memberikan subsidi pada kereta api ekonomi jarak jauh. Pemberlakuan subsidi tersebut bakal berlaku hanya tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News