Awas, Apel Mengkilat Dilapisi Lilin

Awas, Apel Mengkilat Dilapisi Lilin
Ilustrasi. Foto: Int

jpnn.com - BREBES - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Brebes menggelar razia guna menghentikan peredaran dua jenis apel impor dari AS yang mengandung bakteri berbahaya.

Selain mendapatkan masih adanya dua jenis apel ngeri itu di pasaran, razia juga menemukan apel mengkilat karena dilapisi bahan pembuat lilin.

"Sidak kemarin, selain mengingatkan pedagang agar apel impor asal California AS tidak dijual. Kami juga mendapati ada apel luar yang dilapisi bahan pembuat lilin agar terlihat mengkilap," ungkap Kepala Disperindag Pemkab Brebes, Drs Zainudin Msi, kemarin.

Menurutnya, hingga saat ini belum bisa dipastikan zat pelapis dimaksud. Namun dia memastikan zat tersebut seperti menyatu dengan kulit apel. Kalau konsumen tidak teliti, bukan tidak mungkin lapisan mengkilat itu ikut termakan.

"Itu seperti nempel, setelah dikerok ternyata dilapisan kulit ada bahan seperti lilin. Kalau busuk juga hanya diujungnya saja tidak seperti apel lokal. Apakah ini berbahaya, kami akan koordinasikan dengan pihak terkait. Kami mengimbau sebaiknya masyarakat mengkonsumsi apel yang lokal Indonesia saja, lebih alami," harap dia.

Sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) merazia apel impor asal Amerika Serikat di sejumlah pasar modern dan tradisional.

Insepksi mendadak yang dipimpin langsung Kepala Disperindag Pemkab Brebes, Drs Zaenudin MSi itu, kali pertama, mengosek ke salah satu mall di Kota Brebes.  (ism/adi)


BREBES - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Brebes menggelar razia guna menghentikan peredaran dua jenis apel impor dari AS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News