Kerutan Muncul di Ujung Mata dan Kulit, Anda Kekurangan Antioksidan

Kerutan Muncul di Ujung Mata dan Kulit, Anda Kekurangan Antioksidan
Kerutan Muncul di Ujung Mata dan Kulit, Anda Kekurangan Antioksidan. Foto Popsugar

jpnn.com - Secara ilmiah, antioksidan merupakan molekul yang memiliki kemampuan mencegah atau mengurangi kemungkinan dari proses oksidasi di berbagai bagian tubuh. Karena itu, makanan yang banyak mengandung antioksidan sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, antioksidan dapat mencegah penuaan dini serta beragam penyakit yang bersifat degeneratif, seperti jantung, diabetes serta penyempitan pembuluh darah.

Sebenarnya, tubuh memiliki antioksidan alami. Namun gaya hidup modern masyarakat perkotaan yang sering terpapar polusi udara, kurang istirahat, sering mengkonsumsi makanan siap saji serta tingkat stress tinggi bisa menjadi pemicu antioksidan alami tidak mampu memenuhi asupan kebutuhan dari tubuh itu sendiri.

Tubuh yang kekurangan antioksidan bisa dapat langsung diketahui dari munculnya kerutan diujung mata hingga kulit yang terlihat kusam. Untuk mengantispasi terjadinya pengerutan makanya tubuh perlu diasup antioksidan yang cukup melalui makanan.

Antioksidan yang seimbang diyakini mampu mencegah berbagai jenis kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memiliki manfaat anti-penuaan, membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan resiko aterosklerosis/ mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah, hingga memberikan perlindungan terhadap sistem saraf pusat.

Sumber-sumber antioksidan dapat diperoleh dari makanan sehari-hari dengan kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin E, beta karoten, polifenol serta selenium. Namun Anda tidak perlu pusing dan memutar otak untuk mencari makanan yang mengandung antioksidan.

Bumbu yang biasa tersedia didapur seperti bawang putih dan bawang merah, kayu manis, kunyit, cabai, jahe dan oregano adalah jenis bumbu dapur yang mengandung senyawa ini.

Selain itu, senyawa antioksidan juga bisa diperoleh dari anggur, kacang kacangan, buah, biji-bijian, teh, coklat, hingga minyak zaitun juga menjadi sumber antioksidan yang ideal.

Secara ilmiah, antioksidan merupakan molekul yang memiliki kemampuan mencegah atau mengurangi kemungkinan dari proses oksidasi di berbagai bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News