Terpantau 46 Titik Api Kepung Riau

Terpantau 46 Titik Api Kepung Riau
Terpantau 47 Titik Api Kepung Riau. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sabtu (14/3) sore merilis hasil pantauan satelit Terra dan Aqua. Dari hasil tersebut sebanyak 50 titik panas (hotspot) terpantau di wilayah Sumatera, 46 di antaranya berada di Riau.

"Pagi tadi hanya 5 hotspot yang terdeteksi, namun pada sore ini terjadi peningkatan hotspot yang sebagian besar berada diwilayah Bengkalis," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin dilansir Riau Pos (Grup JPNN.com), Minggu (15/3).

Dirincikannya, dari 46 hospot tersebut sebanyak 33 hotspot terdeteksi di kabupaten Bengkalis, Siak 3 hotspot, serta Meranti, Dumai dan Rohil masing-masing 2 hotspot.  

"Dari data tersebut terdeteksi sebanyak 30 di antaranya merupakan titik Api (firespot) dengan rata-rata tingkat kepercayaan sekitar 70 persen," terang Sugarin.

Sementara untuk jarak pandang atau visibility di beberapa wilayah di Riau yang diupdate pada 16.00 WIB tadi, yakni Pekanbaru 10 kilometer, Dumai 9 kilometer, Pelalawan 7 Kilometer dan Rengat 7 kilometer.

"Alat pemantau indeks standar pencemaran udara (ISPU) menunjukkan angka 35 Psi (polutan standar indeks) masuk dalam kategori baik," tandas Sugarin.(fit/jpnn)


PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sabtu (14/3) sore merilis hasil pantauan satelit Terra dan Aqua.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News