Cara Kurir Kelabuhi Petugas Saat Selundupkan Sabu Senilai Rp 1,5 M

Cara Kurir Kelabuhi Petugas Saat Selundupkan Sabu Senilai Rp 1,5 M
Cara Kurir Kelabuhi Petugas Saat Selundupkan Sabu Senilai Rp 1,5 M

jpnn.com - PALEMBANG - Aparat Satuan Reserse Narkoba Polresta Palembang, Sumatera Selatan, berhasil mengungkap penyelundupan narkoba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB). Tiga kurir, yakni Zulfikar, 26; Evan, 36; dan Basir, 49, dibekuk. Mereka diamankan saat ketahuan membawa 12 paket sabu-sabu (SS) yang berat totalnya 1,2 kg atau senilai Rp 1,5 miliar. 

Sebenarnya ketiga orang ini sudah berupaya mengelabuhi petugas agar lolos dari pemeriksaan. Modusnya, masing-masing dari mereka membawa 400 gram SS yang diselipkan dalam sepatu. 

"Ditangkap di pintu kedatangan Bandara SMB II, Palembang, Kamis petang (19/3), saat turun. Penangkapan ini tidak lepas dari informasi masyarakat," kata Kapolresta Palembang Kombespol Sabaruddin Ginting yang didampingi Kasatresnarkoba Kompol Maruly Pardede kemarin (20/3). 

Menurut dia, seluruh kurir itu adalah warga Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Mereka sebelumnya menginap di hotel di kawasan Nagoya, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), selama sepekan. Si bandar menjanjikan upah Rp 2,5 juta untuk setiap kurir. Setiap paket SS seberat 100 gram.

Untuk menyembunyikan SS tersebut, ketiga pelaku memakai sepatu yang ukurannya agak besar. Sabu diselipkan, lalu mereka memakai dua lapis kaus kaki. Selanjutnya, mereka berangkat dari Batam menuju Palembang. Tersangka Zulfikar ternyata tidak kali ini saja menyelundupkan SS lewat bandara. 

Ginting mengungkapkan, beberapa bulan lalu Zulfikar berhasil menyelundupkan empat kantong SS dari Batam ke Palembang dengan modus serupa. Berhasil, kali ini Zulfikar mengajak Basir dan Evan. 

"Ini yang kami selidiki dan koordinasikan dengan stakeholder terkait, juga dengan jajaran polres dan Polda Kepri," ujar Ginting.

Dalam gelar ungkap perkara narkoba tersebut kemarin, ketiga tersangka dikawal ketat oleh anggota bersenjata laras panjang. Ketiganya yang memakai baju tahanan lebih sering menunduk. 

PALEMBANG - Aparat Satuan Reserse Narkoba Polresta Palembang, Sumatera Selatan, berhasil mengungkap penyelundupan narkoba di Bandara Internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News