Dua Sekolah di Kabupaten Magelang Belum Siap Gelar Unas Online

Dua Sekolah di Kabupaten Magelang Belum Siap Gelar Unas Online
Dua Sekolah di Kabupaten Magelang Belum Siap Gelar Unas Online

jpnn.com - MAGELANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menyatakan dua sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Magelang tidak siap menggelar ujian nasional (unas) secara online. Kedua sekolah itu adalah SMK YPT Salam dan SMK Muhammadiyah  Salaman.

Dengan tidak lolosnya persiapan  pelaksanaan unas secara online, otomatis hanya delapan SMK yang melangsungkan unas secara online. Kedelapan sekolah itu adalah SMK Pangudi Luhur  Muntilan, SMK Abdi Negara Muntilan, SMK  Muhammadiyah 1 Salam, SMK Muhammadiyah 1 Muntilan, SMK Muhammadiyah Mungkid, SMK Maarif Kota Mungkid, SMK Muhammadiyah Bandongan, dan SMK Islam Secang.

Kasi Kurikulum dan Pengendalian Mutu SMK Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)  Kabupaten Magelang, Zamzin mengatakan, hasil verifikasi pada 24 Februari 2015 disampaikan langsung pada 10 SMK bersangkutan. ”Secara rinci, hanya Tim Ba-litbang yang lebih tahu alasan sekolah yang lolos atau tidak,” katanya seperti dikutip RADAR JOGJA.

Unas tingkat SMA/MA/SMK 2014-2015 akan dilaksanakan dari 13 April hingga 16 April 2015. Mata pelajaran yang diujikan bagi siswa SMA/MA adalah matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta IPA/IPS.

Sedangkan siswa SMK harus mengikuti matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa  Inggris, dan teori produktif. Calon peserta unas tahun ini tercatat sebanyak 9.592 siswa. Mereka tersebar di SMA/MA/SMK, 16.386 siswa SMP/MTs, dan 19.846 murid SD/MI.

Sekretaris Disdikpora Kabu-paten Magelang Mushowir menambahkan, dua SMK itu batal ikut menggelar unas secara online karena tak lolos verifikasi. Pelaksanakan unas dua SMK itu dikembalikan ke sistem paper based test (PBT), seperti sekolah lain yang belum siap menggelar unas online.

Karenanya, materi ujian diberikan dalam lembaran kertas.  ”Sesuai hasil verifikasi Tim Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kemendikbud, dua SMK dinya-takan belum memenuhi spesi-fikasi fasilitas penunjang pelak-sanaan unas online,” jelasnya.

Kepala SMK Yayasan Pendidi-kan Teknik (YPT) Muntilan Anjar Subiyanto mengaku sudah mengetahui bahwa sekolahnya tercoret dari daftar peserta pelaksana unas online. Namun, ia mengkau belum menerima hasil secara resmi.

MAGELANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menyatakan dua sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Magelang tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News