Rekor Dunia, Lagu Michael Jackson Dimainkan 20 Ribu Pemusik Angklung

Rekor Dunia, Lagu Michael Jackson Dimainkan 20 Ribu Pemusik Angklung
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lagu King of Pop, Michael Jackson akan menjadi saksi dalam pembukuan rekor dunia yang akan digelar, Rabu (23/4) di Stadion Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.  

Tembang “We are The World” yang diciptakan Michael Jackson bersama dengan Lionel Richi akan digemuruhkan 20.000 pemain musik Angklung for The World.

“Terus terang, saya juga merinding dengan jumlah pemain angklung sebanyak itu, saya makin penasaran, seperti apa efek suara yang ditimbulkan di show kolosal itu. Saya membayangkan, pasti spektakuler dan memukau! Dan itu akan menjadi bahan perbincangan di arena Peringatan KAA ke-60,” aku Menteri Pariwisata Arief Yahya, yang juga ketua Side Events Peringatan Konferensi Asia Afrika, mulai 19-24 April itu.

Angka 20.000 itu bukan sembarangan. Angka yang sulit, koordinasinya juga tidak mudah. Tribun lapangan sepak bola akan penuh dengan lautan angklung.

Seperti diketahui, alat musik yang terbuat dari bambu itu sudah terdaftar dan dicatatkan sebagai Warisan Budaya Dunia atau The Intengible Heritage of Humanity, UNESCO, sejak Kamis, 18 November 2010 di Nairobi, Kenya, Afrika. Sudah hampir 15 tahun.

Keberadaan angklung sebagai warisan budaya dan diakui oleh lembaga PBB yang bergerak di bidang Pendidikan dan Kebudayaan itu menyusul setelah keris, wayang, dan batik yang lebih dulu ditetapkan sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

“Kita harus bangga dengan karya budaya asli itu. Anak-anak muda juga bisa bermain angklung dengan indah,” kata Arief Yahya.

UNESCO menilai, angklung memenuhi kriteria sebagai warisan budaya bukan benda yang diakui dunia internasional. Angklung juga dianggap menjadi bagian penting identitas budaya Jawa Barat dan Banten. Seni musik ini mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan keharmonisan sosial.

JAKARTA - Lagu King of Pop, Michael Jackson akan menjadi saksi dalam pembukuan rekor dunia yang akan digelar, Rabu (23/4) di Stadion Siliwangi, Bandung,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News