Ini Daerah-Daerah Berprestasi Kinerja Terbaik

Ini Daerah-Daerah Berprestasi Kinerja Terbaik
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi provinsi berprestasi kinerja terbaik bersama Jawa Tengah dan Jawa Timur dari total 34 provinsi di Indonesia. 

Penilaian diberikan setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemda (EKPPD) 2013.

“Evaluasi dilakukan untuk menilai tingkat kemampuan pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan otonomi antara suatu daerah dengan daerah lainnya secara regional dan nasional,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo, dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-19, Senin (27/4).

Selain di tingkat provinsi, Kemendagri juga merilis sepuluh kabupaten berprestasi kinerja terbaik. Masing-masing Bantul, Kulonprogo, Kutai Kartanegara, Lamongan, Pasaman, Pinrang, Purbalingga, Sidoarjo, Sleman dan Tuban.

Sementara untuk tingkat kota, sepuluh daerah berprestasi terbaik masing-masing Blitar, Cimahi, Depok, Madiun, Mojokerto, Probolinggo, Samarinda, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

“Daerah otonomi di Indonesia sampai Juli 2013 mencapai 539, terdiri dari 34 provinsi, 412 kabupaten dan 93 kota (termasuk 5 kota administrative dan 1 kabupaten administratif di DKI Jakarta,red). Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa daerah yang wajib menyampaikan LPPD 2013 namun tidak dapat dievaluasi,” ujar Tjahjo.

Daerah tersebut masing-masing Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Dikarenakan terlambat menyampaikan LPPD. Kemudian Kabupaten Kupang, NTT dan Boven Digoel, Papua, dikarenakan tidak menyampaikan LPPD 2013. Sementara Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, karena tidak tersedianya hasil evaluasi tim daerah tentang data pendukung LPPD 2013.

“Manfaat evaluasi di antaranya untuk memotivasi daerah lebih meningkatkan kinerja dalam kapasitas sebagai pelayan publik. Hasil evaluasi juga menjadi bahan bagi pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemda,” ujarnya. (gir/jpnn) 


JAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi provinsi berprestasi kinerja terbaik bersama Jawa Tengah dan Jawa Timur dari total 34 provinsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News