Menteri Susi: Sudah Terlalu Lama Kita Berdiam Diri

Menteri Susi: Sudah Terlalu Lama Kita Berdiam Diri
Menteri Susi: Sudah Terlalu Lama Kita Berdiam Diri

jpnn.com - JAKARTA - Kasus praktik perbudakan di Benjina, Kepulauan Aru, Maluku menjadi peringatan bagi pemerintah agar 'bangun' dari tidur panjangnya. Pasalnya, selama ini kasus kejahatan yang terjadi di perairan Indonesia jarang terdengar gaungnya.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, selama ini masyarakat kerap membiarkan hal-hal yang sebenarnya sudah menyalahi aturan. Dan hal tersebut sudah menjadi hal yang umum terjadi.  

"Kalau nggak ada kasus Benjina kita pun nggak sadar kalau ternyata ABK kita di sana (luar negeri), juga dapat perlakuan begitu. Kita terbiasa dengan hal-hal itu, sudah tahu menyalahi aturan tapi didiamkan," ungkap Susi di kantornya, Jalan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (28/4).

Untuk merubah ritme tersebut diakui Susi bukan perkara gampang. Terlebih bagi mereka yang lebih memilih mengeruk materi atau keuntungan sendiri, dibanding menyelamatkan nyawa manusia. "Untuk merubah spirit itu dengan cepat, nggak mudah memang. Apapun namanya perbuatan mereka tidak bisa dibenarkan," jelasnya.

Karena itu bos maskapai Susi Air ini berharap semua pihak dapat bahu membahu membantu dirinya untuk membongkar praktik-praktik kecurangan yang terjadi di perairan Indonesia. Baik yang dilakukan oleh aparat maupun oleh ABK asing.

"Kita sudah terlalu lama berdiam diri dan membiarkan ini terjadi. Kita harusnya bergerak dan tidak perlu takut. Malaysia dan negara lainnya saja sudah menggantung orang banyak karena ada kecurangan-kecurangan itu. Jadi kita (Indonesia-red) nggak perlu takut untuk tenggelamkan kapal," pungkas Susi. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kasus praktik perbudakan di Benjina, Kepulauan Aru, Maluku menjadi peringatan bagi pemerintah agar 'bangun' dari tidur panjangnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News