Mantan Menteri BUMN Anggap Pekerjakan Direksi Asing Lebih Menguntungkan

Mantan Menteri BUMN Anggap Pekerjakan Direksi Asing Lebih Menguntungkan
Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng tidak merasa keberatan bila direksi perusahaan pelat merah diisi oleh orang asing. Menurut Tanri, lebih baik mempekerjakan orang asing ketimbang harus menjual BUMN kepada mereka.

Dengan memperkerjakan orang asing, Indonesia setidaknya mendapat keuntungan dari mereka. Kata Tanri, lebih baik mempekerjakan orang asing dari pada aset negara jatuh ke tangan mereka.

"Kita jangan jual BUMN. Namun, kalau BUMN kekurangan eksekutif, maka orang asing saja yang dipekerjakan, tidak harus jadi direksi dan dirut. Bagi saya, mempekerjakan orang asing itu lebih menguntungkan, daripada kita jual BUMN. Mendingan kita genjot orang asingnya bekerja," ulas Tanri di kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (6/5) petang.

Tanri menilai, orang asing mampu meningkatkan daya saing pekerja lokal. Dengan masuknya karyawan asing, maka karyawan lokal akan terpacu untuk meningkatkan kemampuannya. Terlebih, Indonesia bakal menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Biar orang-orang Indonesia mengasah otak dan kemampuannya supaya bisa bersaing. Jangan seolah-olah kami monopoli, lalu tidak kami optimalkan dalam melakukan kinerja," tutur mantan menteri BUMN ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng tidak merasa keberatan bila direksi perusahaan pelat merah diisi oleh orang asing. Menurut Tanri,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News