Monash University Berdayakan UKM di Indonesia

Monash University Berdayakan UKM di Indonesia
Monash University Berdayakan UKM di Indonesia

Universitas Monash di Melbourne menyelenggarakan kursus singkat selama enam minggu bagi para peserta dari Indonesia dengan harapan mereka bisa memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) sekembalinya ke Indonesia.

Dalam kursus yang diselenggarakan oleh Monash Sustainability Institute tersebut, para peserta adalah dosen dari beberapa perguruan tinggi dari tiga kota, Malang, Makassar dan Kupang.

Menurut Dr Paul McShane, Pejabat Peneliti Utama di Institut tersebut, program untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah ini adalah yang pertama kali diselenggarakan.

"Kita tahu salah satu hal yang bisa dilakukan di Indonesia adalah mengurangi tingkat kemiskinan," katanya.

"Nah hal yang kita lakukan sekarang adalah secara proaktif membantu pembangunan ekonomi. Dengan itu nantinya juga akan mengurangi tingkat kemiskinan. Kita membantu untuk misalnya bagaimana bersama-sama meningkatkan sumber daya manusia, dan fokus kita kali ini adalah usaha kecil dan menengah," kata McShane kepada wartawan ABC L. Sastra Wijaya hari Kamis (21/5/2015) di Kampus Monash, Clayton, dalam acara penutupan program tersebut.

Monash University Berdayakan UKM di Indonesia
Para peserta fellowship untuk UKM dari Indonesia di Monash University

 

Yang dilakukan oleh Monash University adalah meminta para peserta yang datang dengan satu studi kasus mengenai usaha kecil dan menengah yang ingin mereka bantu.

Universitas Monash di Melbourne menyelenggarakan kursus singkat selama enam minggu bagi para peserta dari Indonesia dengan harapan mereka bisa memberdayakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News