Wajar Pertamina Menyesuaikan Harga

Wajar Pertamina Menyesuaikan Harga
SPBU. Foto: Hendra Eka/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Pusat Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria menyebut kenaikan harga jual per liter untuk produk pertamax, pertamax plus memang sudah waktunya.

Salah satu indikator harga keekonomian pertamax series seharusnya berubah adalah SPBU asing. "Sudah sewajarnya jika Pertamina juga menyesuaikan harga," katanya.

Pemerintah yang tidak lagi mengintervensi juga dinilai tepat. Sebab, sesuai UU BUMN tidak dibenarkan kalau ada yang mengintervensi aksi korporat perusahaan.

Dia berharap, tidak ada yang mempermasalahkan kenaikan harga tersebut. Apalagi, sampai membandingkan dengan harga jual produk serupa dengan negara tetangga.

"Kalau dikatakan Malaysia lebih murah, harusnya masyarakat dahulu berbondong membeli di SPBU Petronas yang ada di Indonesia. Tapi, nyatanya SPBU itu bangkrut dan dijual ke Pertamina," imbuhnya. (dim/sam/jpnn)

 


JAKARTA - Direktur Pusat Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria menyebut kenaikan harga jual per liter untuk produk pertamax, pertamax plus memang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News