Alhamdulillah... Akhirnya 700 Manusia Perahu Mendarat di Myanmar

Alhamdulillah... Akhirnya 700 Manusia Perahu Mendarat di Myanmar
Alhamdulillah... Akhirnya 700 Manusia Perahu Mendarat di Myanmar

jpnn.com - YANGOON - Sekitar 700 orang "manusia perahu" akhirnya diizinkan pemerintah Myanmar untuk turun ke darat setelah seminggu tertahan terkatung-katung ditengah laut, sejak 29 Mei lalu. 

Seperti dilansir laman BBC, Jumat (5/6), setibanya di pelabuhan, mereka langsung dibawa ke tempat penampungan di negara bagian Rakhine yang dekat dengan perbatasan Bangladesh. Rakhine sendiri merupakan wilayah yang penduduknya mayoritas adalah dari etnis Rohingya.

Di kalangan sebagian besar warga Rohingya dan warga Bangladesh itu yang ditemukan oleh Angkatan Laut Myanmar, terdapat sekitar 120 perempuan dan anak-anak.

Para warga Bangladesh disebut akan dikembalikan ke Bangladesh, namun diperlukan proses identifikasi untuk memastikan bahwa mereka berasal dari Bangladesh.

"Kebijakan kami adalah siap untuk menerima para pengungsi kembali selama ada bukti bahwa mereka adalah warga negara kami," kata Mayor Abu Russel Siddiqui, juru bicara pengawal perbatasan Bangladesh kepada kantor berita AFP.

Ribuan umat Islam Rohingya dan orang Bangladesh berupaya menyeberang ke negara lain untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Namun sebagian terdampar di Indonesia dan Malaysia, yang bukan merupakan tujuan utamanya, sementara pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk menampung mereka selama setahun sebelum diterbangkan ke negara ketiga.

Pemerintah Myanmar tidak mengakui umat Rohingya sebagai warga negaranya dan mereka dianggap sebagai pendatang gelap dari Bangladesh.(ray/jpnn)


YANGOON - Sekitar 700 orang "manusia perahu" akhirnya diizinkan pemerintah Myanmar untuk turun ke darat setelah seminggu tertahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News