Diusulkan, Pertamina jadi Holding

Diusulkan, Pertamina jadi Holding
Diusulkan, Pertamina jadi Holding

jpnn.com - JAKARTA - Muncul wacana menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai holding bisnis minyak dan gas (migas). Ini sebagai salah satu cara untuk mendongkrak kinerja perseroan. Konsep seperti itu sudah ditiru perusahaan Malaysia, Petronas Carigali dengan sukses.

Vice President Coorporate Comunication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, usulan tersebut masih didiskusikan. Setelah itu, menunggu respon dari para stakeholder untuk merestui permintaan menjadi holding.

"Belum ada langkah-langkah lebih lanjut seperti apa. Intinya, ini yang kami diskusikan di DPR," ujarnya di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Pertamina sebenarnya sudah seperti holding migas. Sebab, perseroan sudah menjalankan bisnis dari sektor hulu sampai hilir. Termasuk, menjadi stabilitator harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas. Tapi, khusus untuk gas masih ada BUMN lain yakni Perusagaan Gas Negara (PGN).

Nah, kalau usulan menjadi holding disetujui, fungsi integrasi infrastruktur migas bisa dilakukan lebih cepat. Itulah kenapa, soal wacana menggabungkan PT Pertamina Gas (Pertagas) dengan PGN bukan tidak mungkin terjadi. "Belum bicarakan sampai arah itu. Mungkin, nanti harus diliat bentuk holding-nya dulu seperti apa," jelasnya.

Dari kepastian bentuk holding, lanjut Wianda, akan ketahuan kebutuhan perusahaan. Apakah perlu melakukan akuisisi, atau opsi-opsi lain. Saat ini di level top manajemen sedang dilakukan berbagai bahasan. Sebagai juru bicara perusahaan, Wianda mengaku belum tahu informasi seperti apa yang sedang digodok para petinggi.

Yang jelas, dia menegaskan kaau usulan Pertamina menjadi holding bukan intervensi dari Presiden Joko Widodo. Wacana itu muncul setelah melakukan diskusi dengan para stakeholder. Makin kuat karena berhasil dilakukan oleh Petronas Carigali dengan menjadi holding perusahaan migas di Malaysia. Dalam diskusi itu, Pertamina ditantang bisa menjadi seperti Petronas.

Anggota Komisi VII DPR Kurtubi mendukung rencana tersebut. Proses holding diyakini bisa menjadikan pembangunan infrastruktur gas yang minim menjadi lebih cepat. Supaya ketergantungan terhadap elpiji yang bahan bakunya masih impor bisa berhenti.

JAKARTA - Muncul wacana menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai holding bisnis minyak dan gas (migas). Ini sebagai salah satu cara untuk mendongkrak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News