Sepak Bola Pemersatu Dunia

Sepak Bola Pemersatu Dunia
Sepak Bola Pemersatu Dunia
ZURICH - Deadline yang diberikan otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA, bagi negara yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD) 2018 dan 2022 berakhir Senin lalu (2/2). FIFA kemarin (4/2) memberikan konfirmasi bahwa sampai hari terakhir pengajuan, ada sebelas kandidat dari 13 negara yang menyodorkan tawaran awal untuk menjadi tuan rumah PD 2018 dan 2022.

Dua di antara sebelas kandidat tersebut adalah calon tuan rumah bersama atau co-host, yaitu Spanyol-Portugal dan Belgia-Belanda. Spanyol pernah menjadi tuan rumah PD 1982. Saat itu gelar juara direbut Italia yang di babak final sukses mengalahkan Jerman Barat. Sementara itu, Portugal sukses menjadi host Piala Eropa 2004. Sedangkan Belgia-Belanda pernah sukses menghelat Euro 2000.

Di antara sebelas kandidat tersebut, Benua Asia mengirimkan wakil terbanyak, yaitu lima negara. Mereka adalah Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Qatar. Kali ini tidak ada satu pun di antara negara di Benua Afrika yang berminat menjadi host PD 2018 dan 2022. Mesir yang sebelumnya disebut-sebut bakal maju mengurungkan niatnya di saat-saat akhir deadline.

Sesuai dengan prosedur, 13 negara dan 11 kandidat tersebut harus mendaftarkan secara resmi penawaran mereka kepada FIFA pada 16 Maret mendatang. Sebelumnya, FIFA akan memberikan formulir registrasi Jumat besok (6/2). Rencananya, Komite Eksekutif FIFA akan membuat keputusan soal kandidat mana yang terpilih sebagai host PD 2018 dan 2022 pada Desember 2010 atau enam bulan setelah para kandidat menyampaikan detail penawaran.

ZURICH - Deadline yang diberikan otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA, bagi negara yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News