Kiat Mengatasi Kecemburuan sang Kakak pada Adiknya

Kiat Mengatasi Kecemburuan sang Kakak pada Adiknya
Ilustrasi.

jpnn.com - KEHADIRAN si buah hati baru di tengah keluarga tentunya membuat ayah dan ibu merasa bahagia. Namun tidak selalu demikian respons dari seluruh anggota keluarga. Sang kakak, terlebih yang masih balita biasanya tidak menyambutnya dengan tangan terbuka. 

Berbagai perasaan seperti iri, cemburu dan takut tersaingi dalam mendapatkan perhatian maupun kasih sayang seringkali muncul dalam bentuk sikap-sikap penolakan kakak terhadap adiknya. Rasa cemburu ini bisa berlanjut terus sampai sang adik bertambah lucu, tumbuh semakin besar dan mulai melakukan langkah pertamanya yang tentu saja menyedot perhatian keluarga.

Anak balita pada dasarnya senang dengan hadirnya si adik. Bagaimanapun juga sang bayi baru memang membutuhkan perhatian dan fokus bunda dalam mengurus dan merawatnya, sehingga wajar sang kakak akan merasa tersisihkan. Berikut ada beberapa tips atau kiat mengurangi cemburu kakak pada adiknya, seperti yang dikutip dari Fox News, Kamis (6/8). (fny/jpnn)

Kiat Mengurangi Cemburu Kakak pada Adik

1. Seharusnya mulai dari awal

Selama kehamilan, Anda harus siapkan anak Anda untuk menerima sang adik dengan berbicara tentang apa yang diharapkan dan membaca buku-buku tentang bagaimana rasanya untuk memiliki bayi baru di rumah. Anda juga bisa membiarkan anak Anda merasa tendangan bayi, membantu Anda memilih pakaian bayi atau pak tas Anda untuk rumah sakit.

2. Biarkan sang kakak memiliki waktu khusus dengan sang adik

"Jika memungkinkan biarkan anak Anda yang lebih tua memiliki waktu khusus dengan sang adik. Waktu khusus ini akan membuat anak Anda yang lebih tua tidak merasa diabaikan," kata seorang psikoterapis, Diane Lang.

KEHADIRAN si buah hati baru di tengah keluarga tentunya membuat ayah dan ibu merasa bahagia. Namun tidak selalu demikian respons dari seluruh anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News