Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - MANFAAT minum kopi bagi kesehatan sering bertentangan dengan mitos yang mengatakan kopi memiliki efek samping yang merugikan Anda.

Dalam temuan-temuan sebelumnya, selain kafeinnya yang disebut bisa meningkatkan konsentrasi, kopi juga mengandung antioksidan dan nutrisi penting bagi tubuh seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin (B3) serta mangan dan potasium.

Kini, penelitian baru menemukan bahwa minum kopi bisa menurunkan peradangan dan mengurangi risiko pengembangan diabetes.

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang minum kopi sekitar 50 persen lebih sedikit mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. 

"Para ilmuwan percaya bahwa alasan pengurangan risiko untuk diabetes tipe 2 bisa jadi karena kopi memiliki efek mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh," kata urologi, Dr. Davis B. Samadi, seperti dikutip dari Fox News, awak pekan ini.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan diabetes mengonfirmasi penyebab dan efek hipotesis mengenai konsumsi kopi dan diabetes. Penelitian ini juga mengamati objek yang diteliti mengenai kebiasaan minum kopi mereka dengan hasil akhir yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi mencegah diabetes.

Penelitian ini awalnya dilakukan pada tahun 2001 dan 2002. Para peneliti merekrut sampel acak lebih dari 1.300 pria dan wanita usia 18 tahun dan lebih tua dari Athena. Mereka diberi kuesioner mengenai diet mereka, termasuk pertanyaan tentang seberapa sering mereka minum kopi.

Di antara peserta, ada 816 peminum kasual, 385 peminum kebiasaan dan 239 non-peminum kopi. Peminum kasual didefinisikan sebagai minum kurang dari 1,5 cangkir kopi sehari, sementara peminum kebiasaan didefinisikan sebagai minum lebih dari 1,5 cangkir sehari.

MANFAAT minum kopi bagi kesehatan sering bertentangan dengan mitos yang mengatakan kopi memiliki efek samping yang merugikan Anda. Dalam temuan-temuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News