Sekarang tidak Takut, Belanda Sudah tak Ada di Sini

Sekarang tidak Takut, Belanda Sudah tak Ada di Sini
Amina Sabtu. Foto: Malut Pos/JPG

AMINA Sabtu. Perempuan yang berjasa menjahit bendera merah putih pertama yang dikibarkan di Maluku Utara, setahun setelah Indonesia Merdeka. 70 tahun setelah Indonesia merdeka, kini Amina masih harus ‘berjuang’ melawan kemiskinan.   
-------------
Safri Noh, Tidore
------------
17 Agustus selalu menjadi hari bersejarah bagi Amina Sabtu. Semarak kemeriahan perayaan kemerdekaan kerap mengingatkannya pada peristiwa 69 tahun silam, kala Abdullah Kadir, yang terhitung masih kerabatnya, memintanya menjahit sang saka merah putih.

Puluhan tahun yang telah berlalu memang membuat sebagian ingatan nenek 88 tahun tersebut mulai luntur. Namun ia ingat persis detail ketika dengan waswas menjahit bendera yang kemudian dikibarkan pertama kali di bumi Maluku Utara tersebut.

“Jahitnya di sini, di rumah ini,” ungkap Amina kala ditemui Malut Post (Jawa Pos Group) di rumahnya di RT/RW 08/04 Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara, 17 Agsutsu 2015.

Meski peringatan hari kemerdekaan selalu menjadi hari istimewa baginya, hari itu Amina hanya menghabiskan waktu dengan mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari. Tubuh tuanya telah begitu ringkih, namun masih saja mencuci piring dan menyapu isi rumah sederhana itu.

Meski diundang seperti tahun-tahun sebelumnya, Amina tak menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan yang digelar Pemerintah Kota Tikep hari itu. Karena kondisi tubuhnya tak mengizinkan ia pergi jauh dan lama meninggalkan rumah.  

“Sudah beberapa tahun terakhir mama (Amina, red) tidak bisa menghadiri upacara. Saya yang mewakili,” ujar Bujuna Noh, menantu Amina, yang turut mendampinginya.

Hari itu Amina mengenakan kebaya kutubaru dan sarung terbaiknya. Dari sang menantu, ia tahu Malut Post (Jawa Pos Group) akan datang bertandang.

Perempuan yang hanya lancar berbahasa daerah Tidore itu tak lagi ketakutan dikunjungi orang asing yang hendak bertanya-tanya mengenai peristiwa bersejarah yang pernah dialaminya.

AMINA Sabtu. Perempuan yang berjasa menjahit bendera merah putih pertama yang dikibarkan di Maluku Utara, setahun setelah Indonesia Merdeka. 70 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News