Jumlah Guru Honorer Overload

Jumlah Guru Honorer Overload
Jumlah Guru Honorer Overload
JAKARTA - Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) meminta sekolah-sekolah di daerah membatasi pengangkatan guru honorer. Sebab, jumlah guru honorer di Indonesia boleh dibilang overload. Jika tak dibatasi, kualitas tenaga pengajar dikhawatirkan menurun.

Berdasar data yang dirilis Ditjen PMPTK, guru honorer di Indonesia saat ini 922.308 orang. Rinciannya, guru honorer di sekolah negeri 472.475 orang dan sekolah swasta 449.833. Jumlah itu tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Jika dirinci lagi, guru honorer yang berada di sekolah negeri terdiri atas guru bantu (GB) 55.748 orang, guru honorer daerah (GHD) 51.930 orang, dan guru tidak tetap (GTT) 362.030 orang. Sedangkan guru honorer yang tersebar di sekolah swasta terdiri atas guru bantu 21.324 orang, GHD 10.082 orang, GTT 218.04 orang, dan guru tetap yayasan (GTY) 199.036 orang.

''Namun, tingkat penyebaran pendidik belum merata. Karena itu, untuk mengurangi kelebihan guru di suatu daerah, kami meminta daerah membatasi rekrutmen guru,'' tutur Direktur Profesi Pendidik Ditjen PMPTK Depdiknas Achmad Dasuki. Saat ini, lanjut dia, banyak sekolah yang mengangkat guru honorer seenaknya, tanpa memperhatikan kebutuhan secara keseluruhan.

JAKARTA - Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) meminta sekolah-sekolah di daerah membatasi pengangkatan guru honorer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News