Pekan Ini, Kemendagri Tetapkan 12 Nama Penjabat di Sumut

Pekan Ini, Kemendagri Tetapkan 12 Nama Penjabat di Sumut
FOTO: ILUSTRASI

jpnn.com - JAKARTA – Pekan ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan akan menetapkan 12 nama Penjabat Kepala Daerah di Sumatera Utara. Selanjutnya, akan menggelar pelantikan, sehingga tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di daerah. Penetapan 12 penjabat tersebut karena berakhirnya masa jabatan sejumlah kepala daerah.

“Minggu ini target tuntas ditandatangani Mendagri dan segera dikirim (ke Sumut,red) untuk dilantik‎,” ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono, kepada JPNN, Minggu (30/8).

Menurut Sumarsono, Kemendagri telah menerima usulan nama-nama dari Wakil Gubernur selaku Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi.

Nama-nama yang diusulkan Plt. Gubernur Sumut, akhir pekan lalu, merupakan penyesuaian sekaligus melengkapi nama calon yang sebelumnya diserahkan Gatot Pudjonugroho saat menjabat Gubernur Sumut.

Kini, Gatot menjadi Gubernur Sumut Non Aktif, setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, beberapa waktu lalu.

“Ini penyesuaian sekaligus melengkapi usulan nama calon pejabat bupati dan walikota se-Sumut yang sudah masuk di Kemendagri,” kata Sumarsono.

Dikatakan Sumarsono,‎ calon yang diusulkan mencapa 36 orang. Masing-masing tiga nominasi untuk tiap daerah. Nantinya Kemendagri akan melakukan pengkajian untuk kemudian Mendagri mengangkat 12 nama sebagai Penjabat Bupati dan Wali Kota.

“Sekarang sedang dalam proses. Minggu ini ditargetkan tuntas,” ujar Sumarsono.

JAKARTA – Pekan ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan akan menetapkan 12 nama Penjabat Kepala Daerah di Sumatera Utara. Selanjutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News