Ahok: Bus Trans Batavia Selalu Bermasalah

Ahok: Bus Trans Batavia Selalu Bermasalah
FOTO: IST

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menyebut bus yang dibeli oleh operator PT Trans Batavia selalu bermasalah. Ahok, sapaan Basuki, mengungkapkan hal itu terkait dengan kebakaran yang terjadi di pool bus Trans Batavia Terminal Rawa Buaya, Jakarta Barat, Selasa (1/9) malam.

“Itu kan memang (bus) punyanya PT Trans Batavia yang selalu masalah dari dulu. Polisi juga lagi selidiki apa penyebabnya,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (2/9).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, bus yang dioperasikan PT Trans Batavia usianya sudah tua. ‎Diakui Ahok, dirinya kesulitan untuk memberikan sanksi kepada operator bus. Sebab, masih terikat kontrak lama. 

Menurut Ahok, kebakaran pool bus Trans Batavia tidak akan mengganggu operasional bus Transjakarta. Namun, ia mengatakan, akan memutuskan kontrak dengan Trans Batavia apabila masa kontrak sudah berakhir. 

“Kalau udah selesai memang mesti (putus) kontrak. Sekarang kan kami udah sistem rupiah per kilometer. Siapapun (operator) yang terbaik, kami‎ udah bikin standar, dia bisa masuk," ungkap Ahok.

Kebakaran yang terjadi di pool bus Trans Batavia Terminal Rawa Buaya, Jakarta Barat,‎ menyebabkan 18 unit Transjakarta terbakar. Adapun 18 bus yang terbakar itu adalah bus yang siap dihancurkan atau di-scrap. Sehingga, bus-bus itu berada dalam kondisi tidak dioperasikan dan tidak ada bahan bakar di dalamnya.

Lahan pool bus Rawa Buaya dimiliki Pemprov DKI yang disewa oleh PT Trans Batavia selaku salah satu operator Transjakarta. Pool itu juga digunakan untuk bus-bus yang masih beroperasi di Koridor 2 dan 3.‎ Rencananya, Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri akan menyelidiki ke tempat kejadian perkara.(gil/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menyebut bus yang dibeli oleh operator PT Trans Batavia selalu bermasalah. Ahok, sapaan Basuki,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News