Hendrawan: DPR Lebih Banyak Menyuarakan Kepentingan Parpol

Hendrawan: DPR Lebih Banyak Menyuarakan Kepentingan Parpol
Anggota MPR RI, Profesor Hendrawan Pratikno. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota MPR RI, Profesor Hendrawan Pratikno menilai para kader partai politik di DPR lebih banyak menyuarakan aspirasi dan kepentingan masing-masing fraksi atau parta politik.

“Kalau di DPR, kami ini hanya dicekoki oleh kepentingan politik praktis di masing-masing fraksi. Kalau ingin bicara kepentingan bangsa dan negara, di MPR ini tempatnya,” kata Hendrawan Pratikno saat Diskusi bersama Lemhannas, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/9).

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, di DPR tidak pernah secara serius membicarakan posisi ideologi negara Pancasila, yang tidak dapat tempat di era global ini. Karena itu, menurut dia, MPR sengaja mengundang Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di forum MPR RI ini.

“Sebagai think tank negara, Lemhannas sangat kami butuhkan karena di satu sisi seluruh anggota MPR RI oleh undang-undang juga ditugaskan untuk mensosialisasikan ideologi negara kepada seluruh rakyat Indonesia,” tegas anggota Komisi XI DPR RI ini.

Dalam batas-batas tertentu sebagai anggota DPR, dia merasa jenuh juga dengan urusan-urusan politik praktis karena hanya mempertaruhkan kepentingan masing-masing fraksi.

Karena itu, dia berharap MPR RI melalui berbagai diskusi tentang kepentingan bangsa dan negara bersama Lemhannas dapat dilanjutkan. MPR RI, kata dia, ingin punya mitra-strategis, salah satunya Lemhannas ini.

“Pertemuan yang melepaskan berbagai kepentingan politik praktis inilah bisa mengembalikan ideologi bangsa sebagai rambu-rambu perjalanan bangsa ke depan,” katanya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Anggota MPR RI, Profesor Hendrawan Pratikno menilai para kader partai politik di DPR lebih banyak menyuarakan aspirasi dan kepentingan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News