Yuk Ah...Mengintip Upacara Bendera Pertama di Pulau Bali

Yuk Ah...Mengintip Upacara Bendera Pertama di Pulau Bali
Suasana di bekas markas Pasukan M, di Desa Peh Manisturu, Jembrana, Bali. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

SETELAH berhasil memenangkan pertempuran laut di Selat Bali, Pasukan M bersama pejuang Bali menggelar upacara bendera pada 18 April 1946. Penting untuk diketahui, inilah upacara menaikkan bendera merah putih pertama di pulau para dewa...

=======
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
=======
 
Alamanak masih bertanggal 5 April 1946. Dua perahu Madura pasukan M, yang tadi pagi baru saja memenangkan pertempuran laut di Selat Bali, menjelang sore berlabuh di Banyuwangi. 

Berehat sejenak, malam harinya mereka berangkat lagi ke Bali dengan 10 perahu mayang. Masing-masing perahu membawa kurang lebih 10 orang.  

Pasukan M bagian dari Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Anggotanya kebanyakan pelajar dari Malang yang ikut main dalam pertempuran Surabaya 1945.

Pemimpinnya bernama Kapten Markadi, anak muda berusia 18 tahun. Mereka mengemban tugas merebut Bali yang saat itu dikuasai Pasukan Gajah Merah, Belanda.

Pasukan ini melaut jam 11 malam. Cuaca cukup baik. Sebelum fajar 6 April menyingsing, perahu-perahu mayang itu berlabuh di Jembrana, Bali. Ada yang di pantai Penginuman, pantai Klatakan, pantai Malaya dan pantai Candikesuma. Mereka langsung bergerak ke Desa Peh.

Peh Manistutu

Bagi Anda yang pernah ke Bali, apalagi orang Bali...dan pernah menempuh jalan darat dari Gilimanuk ke Denpasar, bila jeli Anda akan melihat papan nama besar di sebuah simpang bertuliskan; Peh Manistutu.

SETELAH berhasil memenangkan pertempuran laut di Selat Bali, Pasukan M bersama pejuang Bali menggelar upacara bendera pada 18 April 1946.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News