Baguslah...Rupiah Menguat, Pasar Saham Ikut Menghijau

Baguslah...Rupiah Menguat, Pasar Saham Ikut Menghijau
Bursa Saham. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Menguatnya secara tajam nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berjalan beriringan dengan pasar saham yang kembali menghijau.

Dalam dua hari, Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat signifikan lebih dari 5 persen. Sejalan dengan penguatan nilai tukar Rupiah sehingga investor asing melanjutkan aksi beli.

Pada penutupan perdagangan kemarin IHSG menguat 102,080 poin (2,350 persen) ke level 4.445,781 dan indeks LQ45 melesat 25,61 poin (3,49 persen) ke level 759,31. Investor asing melanjutkan pembelian sejak awal pekan kemarin dan pada perdagangan kemarin tercatat melakukan pembelian bersih (foreign net buy) sebesar Rp 844,8 miliar.

Mayoritas bursa saham Asia juga ditutup di zona hijau kemarin. Indeks Nikkei 225 (Jepang) naik 1,00 persen, indeks Straits Times (Singapura) naik 1,62 persen, indeks Kospi (Korea Selatan) naik 0,63 persen, sebaliknya indeks Hang Seng (Hong Kong) turun 0,10 persen.

Dengan begitu sudah kali kedua bursa saham Indonesia mencatatkan kenaikan tertinggi secara harian dibandingkan bursa global.

IHSG masih dapat melanjutkan penguatannya di hari kedua pekan ini meskipun mulai diwarnai aksi ambil untung.

"Dalam dua hari terakhir secara total persentase kenaikanlebih dari 5 persen sehingga wajar jika ada pelaku pasar yang memanfaatkan untuk take profit," ucap Head of Research PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, kemarin.

Penguatan yang terjadi masih ditopang oleh adanya sentimen positif antara lain masih adanya aksi beli pelaku pasar baik lokal maupun asing, nilai tukar Rupiah yang masih menguat, hingga imbas masih positifnya laju bursa saham Asia seiring imbas penguatan bursa saham Amerika Serikat (AS).

JAKARTA - Menguatnya secara tajam nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berjalan beriringan dengan pasar saham yang kembali menghijau. Dalam dua hari,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News