DPR Minta Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Kebakaran Hutan

DPR Minta Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Kebakaran Hutan
kabut asap / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mendesak Presiden Joko Widodo memimpin langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. Pasalnya, kabut asap akibat Karhutla sudah memberikan dampak yang masif pada masyarakat.

"Kami minta presiden mengambil alih sepenuhnya. Ini krisis yang sangat masif di Sumatera dan Kalimantan. Jangan ada saling tuding, saling menyalahkan. Presiden ambil alih, tunjukkan secara nyata penanganannya," kata Herman, Rabu (7/10).

Politikus Partai Demokrat itu juga mendorong presiden segera menetapkan kabut asap Karthutla menjadi bencana nasional. Dengan begitu, semua potensi, sumber daya maupun anggaran bisa dikerahkan untuk memadamkan titik api.

"Tetapkan ini bencana nasional, sehingga seluruh potensi bahu-bahu memadamkan titik api. Yang paling penting rakyat segera terbebas dari segala persoalannya, asap, anak-anak tidak bisa sekolah, sulit mencari nafkah," tegasnya.

Anak buah Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menambahkan, dibutuhkan keseriusan dalam menuntaskan masalah ini, terutama dalam perspektif anggaran. Pasalnya, bencana asap bukan hanya masalah nasional tapi sudah menjalar ke negara tetangga.(fat/jpnn)

 

 

 

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mendesak Presiden Joko Widodo memimpin langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News