Klaim Target 10 Juta Turis Asing Terpenuhi Lewat Revitalisasi Teluk Benoa

Klaim Target 10 Juta Turis Asing Terpenuhi Lewat Revitalisasi Teluk Benoa
Foto: IST

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat pariwisata dari Universitas Korpri Warmadewa, Bali, Gede Tatak Suhartana mengatakan, agar target pemerintah untuk mendatangkan 10 juta turis asing tahun 2016 di lima pelabuhan besar harus didukung dengan pembangunan infrastrukturnya. Salah satunya merevitalisasi Teluk Benoa, Bali, agar bisa disandari banyak kapal pesiar, baik yacht, maupun cruise.

Ini disampaikan menanggapi target Menteri Pariwisata Arief Yahya mendatangkan 10 juta turis asing tahun depan dengan mempermudah wisman masuk ke Indonesia‎ menggunakan yacht (kapal) sebanyak 3.000 kapal, atau nilainya setara Rp 3 triliun. Lima pelabuhan besar direncanakan sebagai pintu masuknya adalah Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Makassar.

“Bagaimana mungkin bisa mendatangkan ribuan yacht, dan kapal pesiar kalau kondisi di Teluk Benoa sendiri rusak parah? Karena itu dibutuhkan revitalisasi berbasis reklamasi di Teluk Benoa,” kata Tatak melalui siaran persnya, Jumat (16/10).

Koordinator Inkubator Wiraswasta di FE Universitas Korpri Warmadewa, Bali, ini mencontohkan, banyak kapal pesiar dan yacht bersandar di Singapura karena negara tersebut memiliki pelabuhan khusus bagi kapal pesiar dan yacht. Hal serupa juga bisa dilakukan di Bali bila pemerintah serius ingin membangun pariwisata yang bisa mendatangkan jutaan wisatawan asing.

“Pariwisata memang bisa meningkatkan income bagi negara secara cepat, namun jangan hanya wacana saja. Pelabuhannya, ya, digarap. Di Bali, misalnya pelabuhan Benoa diperbaiki. Peluangnya besar sekali apalagi bila revitalisasi Teluk Benoa juga terwujud, maka sangat bisa mendatangkan ribuan yacht dan kapal pesiar ke Bali,” paparnya lagi.(fat/jpnn)


JAKARTA - Pengamat pariwisata dari Universitas Korpri Warmadewa, Bali, Gede Tatak Suhartana mengatakan, agar target pemerintah untuk mendatangkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News