Hal Ini Baik Dilakukan Perempuan Selama Proses Persalinan

Hal Ini Baik Dilakukan Perempuan Selama Proses Persalinan
ILUSTRASI. FOTO: Yahoo

jpnn.com - Proses melahirkan seringkali merupakan cobaan melelahkan bagi banyak perempuan dan mereka juga tentunya tidak mau makan sama sekali saat proses persalinan.

Tetapi penelitian di Canada menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan ringan selama proses persalinan bisa menjadi ide yang baik bagi kebanyakan wanita sehat.

“Temuan kami menunjukkan perubahan dalam praktek proses persalinan," kata rekan penulis studi Christopher Harty, seperti dilansir laman Health, Kamis (5/11).

Secara umum, perempuan telah diberitahu untuk menghindari makan atau minum selama persalinan karena kekhawatiran mereka mungkin menghirup makanan atau cairan ke dalam paru-paru mereka yang bisa mengakibatkan suatu kondisi yang dikenal sebagai aspirasi. Aspirasi pada gilirannya kadang-kadang bisa menyebabkan pneumonia.

Menurut para peneliti, aspirasi selama persalinan sangat langka. Di Amerika Serikat, hanya ada satu kasus aspirasi selama persalinan antara tahun 2005 dan 2013.

Risiko rendah aspirasi kemungkinan karena kemajuan dalam perawatan anestesi, seperti peningkatan penggunaan epidural dan spinal blok bukannya memberikan anestesi melalui masker di hidung dan mulut.

Dalam studi terbaru, tim Harty meninjau kembali masalah ini. Mereka meninjau 385 penelitian yang diterbitkan sejak tahun 1990 dan menyimpulkan bahwa menghindari makanan dan cairan selama persalinan mungkin tidak diperlukan bagi banyak perempuan.

Bahkan, mengonsumsi makanan ringan mungkin bermanfaat karena energi dan tuntutan kalori sangat tinggi untuk perempuan saat proses melahirkan, mirip dengan lari maraton.

Proses melahirkan seringkali merupakan cobaan melelahkan bagi banyak perempuan dan mereka juga tentunya tidak mau makan sama sekali saat proses persalinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News