Woi.. Reng-Oreng Medureh!! Ditunggu DPR Nih Usulan Pembentukan Provinsi Madura

Woi.. Reng-Oreng Medureh!! Ditunggu DPR Nih Usulan Pembentukan Provinsi Madura
Lukman Edy/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR, Lukman Edy (LE) menyatakan setuju Pulau Madura dijadian sebuah provinsi sendiri. Hal ini disampaikan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menguatnya aspirasi pembentukan Provinsi Madura yang dilakukan Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M).

"Setuju saya. Kita tunggu lah, komisi II tunggu tokoh-tokoh Madura untuk menyampaikan aspirasinya ke Komisi II," kata LE saat dihubungi, Senin (9/11).

LE mengatakan alasannya menyetujui terbentuknya provinsi Madura, karena wilayah Jawa Timur terlalu luas. Selain itu, semenjak reformasi, daerah itu belum pernah dimekarkan. Ini berbeda dengan Provinsi Jawa Barat yang sudah melahirkan banyak daerah otonomi baru

"Jabar sudah mekar banyak, dia (Jatim) belum mekar. Jabar sudah ada Banten. Dari geografis saja sangat strategis. Kalau dari kemampuan Madura secara internal itu kan nanti ada skor-skornya dihitung, kalau skornya 300 layak untuk jadi provinsi. Itu ada perhitungannya," jelas LE.

Diakuinya bahwa sejauh ini komisi II belum pernah menghitung kelayakan Madura menjadi provinsi karena belum pernah ada usulan. Karena itu komisi bidang pemerintahan itu menunggu usulan resmi dari tokoh-tokoh Madura.

"Sampai sekarang kita belum mendapat usulan resmi. Nanti usulannya  lengkap ada kajian akademisnya. Biasanya orang yang melakukan kajian akademis daerah pemekaran ini sudah langsung dengan penilaian-penilaian kesiapan daerahnya itu. Kalau saya pribadi dukung lah, dorong lah untuk jadi provinsi," pungaksnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR, Lukman Edy (LE) menyatakan setuju Pulau Madura dijadian sebuah provinsi sendiri. Hal ini disampaikan politikus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News