Mendikbud Tinjau Uji Kompetensi Guru Hari Pertama di Jakarta

Mendikbud Tinjau Uji Kompetensi Guru Hari Pertama di Jakarta
Anies Baswedan/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Guru 2015 hari pertama untuk wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Selasa (10/11). Lokasi tinjauan dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Mendikbud mengatakan, UKG ini sebagai cermin bagi guru nanti, apakah puas atau tidak, lalu ingiin belajar lagi agar kompetensinya bertambah.

"UKG sebagai cermin maksudnya nanti hasil UKG bisa diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya, kami (Kemendikbud) bertugas menyiapkan alat untuk bercermin, dan guru-guru siapkan kompetensinya untik diukur. Tiiap guru akan berbeda pelatihannya, ada yang kelas jauh, ada yang seminar, bergantung masing-masing hasilnya," jelas Mendikbud.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 19 H.Joko Suramto menjelaskan terdapat sebanyak 688 guru yang mengikuti UKG di SMPN 19, sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). "D isini ada total 688 guru yang ikut UKG," jelas Joko. 

Adapun penyelenggaraan UKG di SMPN 19 berlangsung selama 10 hari yaitu sejak 10 November sampai 19 November 2015. Sebagai TUK, SMPN 19 melaksanakan UKG online dengan penyediaan komputer sebanyak 27 untuk ujian. "Kami siapkan 27 komputer, 25 untuk peserta ujian, sisanya untuk cadangan kalu ada yang bermasalah," jelas Joko.

Lanjutnya, para peserta UKG 2015 dibagi ke dalam tiga sesi, yang terdiri dari 25 peserta ujian di setiap sesinya. Yaitu sesi pertama 07.30-10.00 WIB. Sesi kedua, UKG dilaksanakan pada 10.30-13.00 WIB. Sesi ketiga, UKG dilaksanakan pada pukul 14.00-16.30 WIB.

Walaupun berlangsung saat jam pelajaran sekolah, pelaksanaan UKG, menurut Kepsek Joko, tidak mengganggu para siswa yang sedang belajar. "Kami di sini ujian UKG online, dilaksanakan di ruang komputer, di lantai satu, sedangkan siswa di lantai dua, jadi pasti tidak mengganggi siswa yang belajar," jelasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meninjau pelaksanaan Uji Kompetensi Guru 2015 hari pertama untuk wilayah Daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News