Inilah Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling, Semua harus Sesuai Keinginan Anak

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling, Semua harus Sesuai Keinginan Anak
Anak-anak yang menjalani homeschooling saat menjalankan kegiatan bersama-sama. FOTO: Panji/jpnn.com

jpnn.com - PILIHAN homeschooling atau sekolah formal sejatinya merupakan pilihan mutlak dari anak. Orang tua hanya mensupport saja. Setidaknya itu yang disampaikan oleh psikolog anak Seto Mulyadi. Anak yang memang nyaman sekolah formal jangan dipaksa untuk homeschooling. Begitu juga sebaliknya, jika si anak merasa tidak ingin lagi sekolah di sekolah umum, maka salah satu alternatif pilihan terbaik adalah menyekolahkannya di homeschooling.

Kak Seto lebih lanjut menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan anak-anak homeschooling. Kebanyakan dari mereka pernah mencicipi bangku sekolah formal. Namun, karena berbagai alasan seperti bullying, suasana yang gaduh, serta kesibukan di luar sekolah mengharuskan mereka untuk memilih keluar dan masuk homeschooling.

”Ada yang mogok nggak mau sekolah karena jadi korban bullying, tapi setelah mencicipi dunia homeschooling jadi betah. Malah ngomong ke orang tuanya kalau sistem sekolah seperti ini dia mau sekolah tiap hari,” ceritanya.

Hal yang sama diutarakan oleh Thomas More Suharto. Kondisi psikologis anak-anak berbeda-beda, makanya untuk urusan pendidikan, sebisa mungkin orang tua memberikan support maksimal. Bukan malah memaksa kehendaknya bagi buah hati. ”Karena dunia anak saat ini berbeda dengan dunia anak 20 bahkan 30 tahun yang lalu. Jadi diperlukan kedewasaan dalam menyikapinya,” jelas dia.

Namun, baik Kak Seto maupun Thomas mengatakan bukan berarti sekolah formal tidak baik. Yang paling penting adalah sekolah mampu menciptakan atmosfir yang ramah anak. Yang mampu menjaga anak tetap semangat menuntut ilmu. Bukan malah suasana yang membuat anak menjadi tercekam dan takut kala bersekolah.  

”Itu sebabnya sering saya tekankan, baik kepada guru, kepala sekolah, maupun wali murid, mari sering berdiskusi tentang perkembangan buah hati. Sehingga ketika ada masalah bisa segera dicarikan jalan keluarnya dan tidak berlarut-larut,” jelas pencipta karakter Si Komo itu. (pda/mas/jpnn)

 

Berikut kelebihan dan kekurangan sekolah di homeschooling yang disusun berdasarkan wawancara dengan kedua narasumber.

PILIHAN homeschooling atau sekolah formal sejatinya merupakan pilihan mutlak dari anak. Orang tua hanya mensupport saja. Setidaknya itu yang disampaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News