Berniat Beli Saham Freeport, BUMN Belum Itung-itungan

Berniat Beli Saham Freeport, BUMN Belum Itung-itungan
Menteri BUMN Rini Soemarno/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pihaknya belum melakukan kalkulasi terkait rencana pembelian saham PT Freeport Indonesia. Perhitungan kata Rini, baru bisa dilakukan jika Freeport telah memberikan angka terkait divestasi saham tersebut.

Untuk pembelian saham tersebut, pemerintah telah menyiapkan dua BUMN, yakni PT Aneka Tambang dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

"Tapi kami kan belum tahu harganya, dari kita hanya mengatakan berminat, si penjual (Freeport-red) ini belum memberikan harga," ujar Rini di Kapal KM Kelud menuju Karimun Jawa, Sabtu (21/11).

Mantan menteri perindustrian ini menambahkan saat ini keputusan divestasi saham Freeport sepenuhnya berada di tangan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
Namun sejauh ini pihaknya belum menerima kabar terbaru terkait proses divestasi tersebut.

"Itu di Kementerian ESDM, Kemenkeu. Kami dari BUMN sebagai Badan Usaha Milik Negara, dimana kami memiliki 9,26 persen dari Freeport menulis surat ke ESDM dan Kemenkeu. Kami berminat kalau ada divestasi Freeport yang kalau perjanjiannya 10 sekian persen. Jadi BUMN memiliki 20 persen," papar Rini.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pihaknya belum melakukan kalkulasi terkait rencana pembelian saham PT


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News