Pengusaha dan Investor Wajib Baca!

Mudahnya Bisnis Crowdfunding Berbasis Financial Technology

Pengusaha dan Investor Wajib Baca!
Ilustrasi.

jpnn.com - SURABAYA - Ingin memulai usaha tapi belum dapat kepercayaan pinjaman modal dari bank? Atau justru ingin menjadi investor tapi bingung usaha apa yang akan booming serta happening? Semua pertanyaan itu akan terjawab dengan hadirnya CoAssets.

CoAssets adalah perusahaan crowdfunding asal Singapura yang kini sudah memiliki partner tetap di Indonesia untuk menjalankan bisnisnya di negara ini. Menggandeng PT. Javaland Promosia Indonesia, CoAssets Indonesia hadir dengan platform bisnis baru, yakni market place dengan financial technology.

Hadirnya CoAssets sendiri menjadi jembatan penghubung antara investor dan usahawan. Sebab, tak dapat dipungkiri, memulai suatu bisnis baru atau start up memang tak mudah. Selalu ada saja tantangannya. Di antaranya adalah urusan finansial.

Nah, dengan menggunakan platform dari CoAssets, calon businessman mampu mendapatkan modal usaha. Caranya adalah, CoAssets akan menggandeng beberapa investor yang tertarik mendanai project secara urunan. 

”Yang terpenting dari platform ini adalah calon usahawan harus membuat presentasi yang menakjubkan untuk proyek yang akan dia kerjakan. Sehingga dengan demikian calon investor akan tertarik menanamkan dananya,” jelas CEO CoAssets Indonesia Fernanda Reza Muhammad.

Pria yang akrab disapa Reza itu menambahkan, platform ini aman dan legal. Sebab dana yang terkumpul dari para investor bukan dikelola oleh CoAssets, tetapi masuk ke rekening calon usahawan yang bersangkutan. Tapi tentu setelah melalui berbagai proses. Termasuk cek & ricek latar belakang businessman dan due diligent ini menjadi prasyarat utama sebelum  usahawan tersebut mempromosikan usahanya di platform CoAssets.

Dia lantas mencontohkan, si A ingin membuat proyek yang menelan biaya Rp 100 juta. Karena baru bergerak di bidang tersebut, A kesulitan mendapatkan pinjaman dana. Nah, CoAssets akan mengakomodir investor untuk menanggung pembiayaan proyek tersebut. Jika ada 100 investor yang ikut bergabung, maka masing-masing hanya butuh menggelontorkan dana Rp 1 juta saja.

Lantas keuntungannya bagi investor apa? Sebelum memulai proyek tersebut, sudah ada kesepakatan yang dibuat oleh calon pengusaha dan CoAssets serta investor mengenai bagi hasil keuntungannya, dalam hal ini bagi hasil yang akan diterima para investor usai proyek kelar. Jumlahnya bervariasi.

SURABAYA - Ingin memulai usaha tapi belum dapat kepercayaan pinjaman modal dari bank? Atau justru ingin menjadi investor tapi bingung usaha apa yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News