Ini Jumlah Kebutuhan Beras per Tahun

Ini Jumlah Kebutuhan Beras per Tahun
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BOGOR –Inisiator Gerakan Petani Nusantara (GPN) Hermanu Triwidodo mengatakan, gotong royong, saling peduli dan berbagi merupakan kekuatan bagi petani dan Indonesia.

''Petani sesungguhnya merupakan salah satu elemen penting, soko guru bangsa yang harusnya turut menjaga nusantara,'' kata Hermanu dalam diskusi hari pertama kegiatan Rembug Tani Nusantara di Ciawi, Bogor, Selasa, (19/1).

Dia berharap, semua pihak menaruh perhatian pada petani ketika alam dan kebijakan pertanian tak mendukung kehidupan petani.

''Semua peristiwa alam dan kesulitan di negeri ini barangkali karena kita sudah  melupakan kemuliaan petani,'' ujar staf pengajar dari Institut Pertanian Bogor  (IPB) itu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana David Ardhian menjelaskan kegiatan tersebuy merupakan upaya memuliakan petani. Acara itu sekaligus menjadi jalan lurus untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

''Kami berharap kegiatan ini sekaligus juga untuk menghimpun para petani agar  menjadi lebih terorganisir. Dengan demikian kerja mewujudkan kedaulatan pangan bisa menjadi lebih mudah dan terorganisir,'' kata David.

David menjelaskan, kondisi yang dihadapi petani Indonesia sangat sulit. Di antaranya ialah karena ancaman iklim, degradasi hingga konversi lahan pertanian.

''Dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa, kebutuhan beras dengan

BOGOR –Inisiator Gerakan Petani Nusantara (GPN) Hermanu Triwidodo mengatakan, gotong royong, saling peduli dan berbagi merupakan kekuatan bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News