Duh, Harga Daging Sapi Mulai Naik

Duh, Harga Daging Sapi Mulai Naik
Sejumlah sapi dari berbagai daerah siap dipotong di Surabaya. Foto : Dok Jawa Pos

SURABAYA - Sejak pekan lalu, harga daging sapi di Surabaya merangkak naik. Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Sapi Jatim Muthowif mengatakan, saat ini, harga daging kualitas super Rp 110.000 per kg. Harga daging kualitas biasa Rp 95.000. Menurut dia, kenaikan tersebut bukan karena ulah para pedagang sapi.

''Kenaikan harga ini akibat minimnya stok sapi siap potong di pasar sapi tradisional. Sedangkan data yang dipublikasikan selama ini merupakan total sapi secara keseluruhan, tidak spesifik sapi siap potong saja. Justru pedagang belum menaikkan harga karena lebih memilih memotong sapi betina, sapi Bali, dan NTT,'' jelas dia. 

Bahkan, ada kecenderungan para peternak skala kecil menahan sapi miliknya. Diperkirakan, mereka tidak menjual sapi hingga Hari Raya Idul Fitri yang jatuh lima bulan lagi. Kalau tidak ada sapi bakal impor yang masuk ke Jatim, harga berpotensi terus menanjak.

''Peternak skala kecil tidak bisa dikatakan kartel. Sebab, para peternak skala kecil masing-masing hanya punya 3-5 ekor sapi,'' tegas dia. Sementara itu, kebutuhan daging segar masih tinggi setiap hari. Dia mencontohkan, kebutuhan daging segar sebagai bahan baku pembuatan bakso dan makanan lain tidak bisa diganti dengan daging ayam.

Menurut dia, kebutuhan daging sapi segar mayoritas untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), bukan konsumsi rumah tangga. ''Konsumsi keluarga sangat minim, paling banyak dijadikan sebagai bahan dasar makanan olahan. Kita bisa melihat ke­butuhan daging sapi segar di kota-kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Malang Raya yang masih tinggi,'' paparnya. (res/c6/oki/pda) 

 


SURABAYA - Sejak pekan lalu, harga daging sapi di Surabaya merangkak naik. Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Sapi Jatim Muthowif mengatakan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News