6 Langkah Agar Memiliki Kehamilan yang Sehat

6 Langkah Agar Memiliki Kehamilan yang Sehat
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Kelebihan berat badan saat hamil sering dialami para ibu. Hal ini sering membuat mereka khawatir. Idealnya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan antara 12-15 kg.

Penting bagi ibu hamil untuk mengatur berat badan supaya tetap dalam kondisi ideal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 45 persen wanita memulai kehamilan mereka saat mereka kelebihan berat badan atau obesitas. Terlebih lagi, sebuah studi dalam jurnal Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa lebih dari 47 persen wanita gemuk selama kehamilan.

Meskipun ideal untuk memiliki berat badan yang sehat sebelum hamil, para ahli mengatakan jika kelebihan berat badan ketika Anda hamil, dengan beberapa strategi sederhana Anda masih bisa memiliki kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat.

1. Bicaralah dengan dokter Anda

Vitamin D dan folat adalah dua nutrisi yang penting untuk kehamilan yang sehat. Tapi obesitas bisa meningkatkan risiko mengalami kekurangan vitamin D.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita juga mungkin perlu lebih banyak folat selama kehamilan,” kata ahli diet terdaftar di Columbus, Ohio dan juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, Torey Armul, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (9/2).

2. Jangan diet

American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) merekomendasikan bahwa wanita yang kelebihan berat badan (BMI antara 25 dan 29,9) harus menurunkan berat badan mereka antara 7 Kg dan 12 Kg dan mereka yang mengalami obesitas (BMI 30 atau lebih) antara 5kg dan 10 Kg.

Kelebihan berat badan saat hamil sering dialami para ibu. Hal ini sering membuat mereka khawatir. Idealnya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News