Kapolda Sumut Ganti Lagi, Mestinya Jenderal Batak

Kapolda Sumut Ganti Lagi, Mestinya Jenderal Batak
Komjen (Purn) Togar Sianipar. Foto: kapanlagi

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi. Salah satu yang digeser Kapolda Sumut Irjen Ngadino dimutasi sebagai Pati Polda Jateng dalam rangka memasuki masa pensiun.   

Kursi Kapolda Sumut selanjutnya diisi Irjen Raden Budi Winarso yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.  Pengganti Budi adalah Irjen Mochamar Iriawan yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Polri.

Mutasi di jajajaran perwira tinggi polri itu berdasar Telegram Rahasia Kapolri nomor: ST/476/II/2016, tanggal 28 Februari 2016 yang ditandatangani ASDM Polri Irjen Sabar Rahardjo.

Sekedar diketahui, Irjen Ngadino dilantik sebagai Kapolda Sumut pada awal September 2015. Artinya, Ngadino hanya enam bulan menjabat sebagai Kapolda Sumut. Sedang Budi Winarso, merupakan lulusan Akpol 1982, seangkatan dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Dengan demikian, dipastikan Budi yang pernah menjabat sebagai Kapolda Kepri itu tidak akan sampai setahun menduduki kursi Polda Sumut 1 karena sudah akan memasuki masa pensiun sekitar 10 bulan lagi.

Mengenai cepatnya pergantian Kapolda Sumut, dimana Ngadio hanya enam bulan dan Budi Winarso tidak sampai setahun, mendapat sorotan dari Komjen (Purn) Togar M Sianipar.

Secara umum, tokoh asal Siantar yang dianggap sebagai senior di internal Polri itu, menilai mutasi kali ini diharapkan mengubah penampilan Polri menjadi lebih baik.

“Harapan saya, mutasi kali ini memberikan perbaikan penampilan Polri ke depan. Kalau regenerasi ini tidak membawa perbaikan, ya sama saja, malah menjadi kemunduran,” ujar mantan Kadiv Humas Polri itu kepada JPNN kemarin (29/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News