Rasionalisasi Bisa Tingkatkan Profesionalisme PNS

Rasionalisasi Bisa Tingkatkan Profesionalisme PNS
Setiawan Wangsaatmaja (kiri) saat diwawancarai wartawan JPNN. Foto: Ist/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, bukan zamannya lagi PNS kerja santai dan dilayani. Saat ini, PNS lah yang harus melayani dan memberikan layanan terbaik bagi publik.

Untuk itu pemerintah telah melakukan langkah-langkah penataan kualitas SDM baik yang bersifat personal maupun struktural. "Pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan penataan SDM baik di pusat dan daerah. Tujuannya untuk menjadikan SDM aparatur yang profesional, berintegritas, melayani publik dan kompetitif sesuai dengan tuntutan zaman saat ini (globalisasi) dan ke depan," papar Setiawan kepada JPNN, Minggu (6/3).

Dia menambahkan, ada tiga program yang akan diluncurkan untuk SDM aparatur. Pertama, perencanaan ASN yang tepat sesuai arah pembangunan nasional. Kedua,  rekruitmen ASN yang bebas KKN untuk mendapatkan putra-putri terbaik bangsa. 

Ketiga, peningkatan profesionalisme ASN, termasuk di dalamnya pemetaan kualifikasi-kompetensi dan kinerja untuk kebijakan pengembangan kapasitas ASN ataupun rasionalisasi.‎

"Jadi jangan salah tanggap dulu bila pemerintah melakukan rasionalisasi. Rasionalisasi dilakukan sangat hati-hati, setelah pemetaan dilakukan," tandasnya. (esy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News