MENEGANGKAN! Ini Dugaan Percakapan di Kokpit Flydubai Sebelum Jatuh

MENEGANGKAN! Ini Dugaan Percakapan di Kokpit Flydubai Sebelum Jatuh
Ilustrasi Pesawat Flydubai. Foto : bbc

jpnn.com - Stasiun televisi Rusia, Rossiya-1 menyiarkan percakapan terakhir kokpit di pesawat Flydubai nahas, yang jatuh di Rostov-on-Don pekan lalu. Percakapan itu kabarnya didapat dari seorang sumber komisi investigasi yang memiliki akses pada rekaman percakapan kokpit.

Jika memang suara tersebut benar, maka indikasi kesalahan pilot dalam kecelakaan yang mengakibatkan 62 orang tewas itu semakin jelas.

Transkrip percakapan itu menunjukkan bahwa pilot kehilangan kendali atas pesawat setelah mengaktifkan mode autopilot. ”Jangan khawatir,” kata salah satu pilot pesawat Flydubai itu dalam percakapan yang diterjemahkan ke bahasa Rusia, sebelum beberapa detik terdengar pilot lain mengatakan “Jangan lakukan itu!”

Kata-kata terakhir yang terdengar dari kokpit adalah “Tarik!…tarik!….” yang diucapkan berulang-ulang.

Menurut Rossiya-1, selama 6 detik terakhir saat pesawat menukik tajam, yang terdengar dari kokpit adalah teriakan panik yang tidak manusiawi. Namun, lagi-lagi, televisi itu menyatakan bahwa percakapan tersebut bukanlah percakapan kokpit versi resmi. Karena otoritas setempat belum merilis.

Mengutip pakar penerbangan setempat yang diwawancarainya, Rossiya-1 menyebut kemungkinan besar pilot tidak sengaja mengaktifkan mode stabilising fin saat berusaha menarik kembali pesawat pada posisi horisontal. Ketika mode ini aktif, pesawat akan terus menukik ke bawah.

Laporan Rossiya-1 menyebut, pilot pesawat bisa saja tidak sengaja mengaktifkan mode stabil otomatis karena kelelahan kronis. Penyidik Rusia masih menyelidiki insiden itu dengan menganalisis sejumlah dugaan penyebab yang ada, mulai dari cuaca buruk, kesalahan pilot atau gangguan teknis.

Seperti diketahui pesawat Flydubai jenis 737-800 menghujam tanah sebelum mencapai landasan dan terbakar pada Sabtu (19/3). (jpnn/pda)

Stasiun televisi Rusia, Rossiya-1 menyiarkan percakapan terakhir kokpit di pesawat Flydubai nahas, yang jatuh di Rostov-on-Don pekan lalu. Percakapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News