Waspada! Sudah 300 Ayam di Subang Mati Akibat...

Waspada! Sudah 300 Ayam di Subang Mati Akibat...
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SUBANG - Sedikitnya 300 ekor ayam di Kabupaten Subang, Jawa Barat, mati mendadak. Ayam-ayam itu tersebar di sejumlah peternakan moderen di Subang.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Subang, Rahmat Faturahman, pihaknya menduga kematian ratusan ekor ayam tersebut akibat flu burung. "Ada virus flu burung, namun sporadis tidak terlalu mewabah. Ada sekitar 300 lebih yang mati karena flu burung," ungkap Rahmat, Senin (18/9).

Pihaknya berharap, para peternak atau perusahaan ternak untuk meningkatkan koordinasi untuk mengatasi mewabahnya penyakit ternak berbahaya tersebut. "Bagi peternak sesegera mungkin berkordinasi dengan Dinas Peternakan agar jangan sampai (flu burung) mewabah," tandasnya.

Dijelaskan Rahmat, kematian ratusan ayam akibat flu burung banyak ditemukan di perusahaan-perusahaan ternak. Yang terjangkit tak hanya ayam petelur, tetapi juga ayam pedaging. 

Hingga saat ini, lanjut Rahmat, pihaknya masih memonitor kasus kematian ratusan ayam secara mendadak tersebut. Untuk memastikan penyebabnya, Disnak berkoordinasi dengan instansi pusat. Selain itu, Disnak juga terus memantau perusahaan-perusahaan ternak ayam yang melakukan produksi. (ygo/din/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News