Tiga Bulan, Mandiri Salurkan Rp 19,5 Triliun

Tiga Bulan, Mandiri Salurkan Rp 19,5 Triliun
Mandiri. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mematok target tinggi untuk pertumbuhan kredit infrastruktur. Manajemen mematok pertumbuhan 20-25 persen dalam 2-3 tahun ke depan.

Proyek utama infrastruktur yang dibidik adalah bidang transportasi dan logistik. Salah satu upaya Mandiri adalah menggandeng lembaga pembiayaan proyek dan ekspor asal Jerman KfW Ipex-Bank.

Dengan kerja sama pengucuran kredit bersama (join loan) tersebut, pengusaha yang membutuhkan komponen impor dari Eropa akan dibiayai KfW-Ipex.

“Pengadaan komponen lokal seperti pengadaan tanah untuk pembangunan infrastruktur akan dibiayai Mandiri,’’ kata  Direktur Finance & Treasury PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Pahala N. Mansury kemarin.

Selain kredit bersama (join loan), Mandiri dan KfW dapat menggunakan skema lain, yakni kredit sindikasi, export credit agency (ECA) covered loan, bilateral loan, dan pembiayaan korporasi.

Dengan skema kredit sindikasi, Mandiri pada triwulan pertama tahun ini telah mengucurkan Rp 15,11 triliun untuk infrastruktur. ’’Proyek yang kami incar, misalnya, transportasi dalam kota, pelabuhan, dan bandara,’’ jelas Pahala.

Dia menegaskan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus pembiayaan perseroan. Pada triwulan I tahun ini, BMRI telah menyalurkan kredit Rp 19,5 triliun untuk sektor konstruksi. Artinya, hal itu tumbuh 2,3 persen dari periode yang sama tahun lalu. (dee)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News