Duh Enaknya, Mahasiswa Dibuatkan Rusunawa

Duh Enaknya, Mahasiswa Dibuatkan Rusunawa
Rusunawa. Foto: ilustrasi dok.Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPU-Pera membangun satu twin block Rumah Susun Sewa untuk mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. 

Rusunawa mahasiswa tersebut diharapkan membantu mahasiswa memiliki tempat tinggal sementara yang nyaman untuk belajaar.

"Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR membangun Rusunawa Universitas PGRI Adi Buana agar mahasiswa bisa belajar hidup di hunian vertikal. Jadi mereka bisa belajar dengan fokus karena tempat tinggalnya dekat kampus," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/4).

Syarif menjelaskan, adanya program pembangunan Rusunawa merupakan intervensi pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan di Indonesia. 

Apalagi saat ini Indonesia sudah masuk dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut kompetisi dalam berbagai bidang termasuk pendidikan.

"Kalau mahasiswa kita bisa menjadi sarjana-sarjana berkualitas karena mereka fokus belajar di Rusunawa tentunya generasi muda Indonesia ke depan bisa bersaing dalam MEA. Kalau tidak dimulai dari sekarang tentu kita bisa kalah bersaing," terangnya.‎

Berdasarkan data yang ada, Rusunawa mahasiswa Unipa dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Strategis Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan. 

Bangunan setinggi empat lantai tersebut memiliki luas bangunan 1.520 meter persegi dengan jumlah kamar  50 unit tipe 24 dan sudah lengkap dengan fasilitas pendukung seperti listrik, air dan meubelairnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News