Ratusan Napi Banceuy Diungsikan ke Kebon Waru

Ratusan Napi Banceuy Diungsikan ke Kebon Waru
Pengamanan ketat di Lapas Banceuy pascakericuhan yang berujung pada kebakaran hebat Sabtu (23/4) lalu. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG – Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy dipindahkan menggunakan tiga bus besar dan tiga bus kecil ke Rutan Kebon Waru. Pemindahan ini menyusul kebakaran yang melanda penjara beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat itu, Sabtu (23/4) lalu.

“Kami pindahkan dengan pengawalan yang ketat,” ujar Kadiv Pemasyarakatan Kakanwil Kemenkum HAM Jabar, Agus Toyib di Lapas Banceuy, Selasa (26/4).

Warga binaan yang dipindahkan terlihat dalam kondisi tangan terborgol digiring masuk ke dalam bus dengan pengawalan dua personel Sat Brimob Polda Jabar bersenjata lengkap. Personel Brimob yang mengawal bus pemindahan menggunakan motor trail hingga ke Rutan Kebon Waru, dibantu Patwal Polrestabes Bandung.

Selain itu, sekitar 500 warga binaan Lapas Kelas II A Banceuy juga dipindahkan ke blok baru. Lokasi blok baru itu berada di sisi barat Lapas Banceuy yang baru selesai dibangun.

Pemindahan dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Kemarin petugas lapas mulai mendistribusikan kasur untuk warga binaan yang akan ditempatkan di blok baru.

Kasur-kasur itu diangkut dengan menggunakan mobil ambulans. Adapun ukuran kasur itu memiliki tebal sekitar lima sentimeter dan hanya bisa dipakai seorang warga binaan. “Sekali angkut ada 50 puluh kasur,” kata petugas Lapas Banceuy, Ryan. (cr2/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News