Jembatan Kapuas III Akan Membelah Dua Sungai Besar

Jembatan Kapuas III Akan Membelah Dua Sungai Besar
Jembatan Kapuas I dilihat dari perkampungan warga di tepi Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, Rabu (4/5). FOTO: M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK – Pembangunan Jembatan Kapuas III di Desa Sungai Kupa, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, akan menghubungan jalur Outer Ring Road (ORR) Kota Pontianak sepanjang 71 km.

Menurut Kepala Desa Sungai Kupa, Sabri, jembatan itu akan melintasi dua sungai besar yang terbelah oleh pulau sepanjang 9 km, yakni sungai Kapuas Kecil dan Kapuas Besar. Bila terealisasi, panjang jembatan Kapuas III akan mencapai sekitar 2.500 meter.

“Jembatan akan melintasi Sungai Kapuas Kecil dan Kapuas Besar. Di antara dua sungai ada pulau panjang. Ketinggian jembatan 35 meter, karena akan dilintasi kapal besar di bawahnya,” ujar Sabri, Rabu (4/5).

Sabri pernah melakukan pemetaan bersama konsultan Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bila ORR Pontianak terhubung dengan Jembatan Kapuas III, maka jalan lingkar luar tersebut memiliki panjang 71 km. Titik lokasi pembangunan jembatan tersebut hanya berjarak sekitar 10 km dari Ibu Kota Provinsi Kalbar. Namun akses jalan ke sana belum memadai.

Sabri menambahkan, masyarakat di sekitar lokasi yang dilalui ORR Pontianak, terutama Jembatan Kapuas III mendukung rencana tersebut. Meskipun, lahan perkebunan kelapa mereka terkena jalur yang akan dibangun.

“Untuk jalan ini dibutuhkan lahan selebar 75 meter. Mayoritas lahan yang dilintasi merupakan perkebunan kelapa yang biasa menghasilkan 4000-5000 butir kelapa sekali panen/ hektar. Tapi mayoritas masyarakat setuju dengan rencana pembangunan ini," tambahnya.

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang ketika meninjau lokasi pembangunan jembatan, menyatakan rencana itu harus segera terealisasi. Ia bahkan akan menyampaikan langsung aspirasi masyarakat ini kepada Presiden Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News