Partai Demokrat Belum Tentu jadi Pemenang

KPU : Quick Count Belum Tentu Benar

Partai Demokrat Belum Tentu jadi Pemenang
Partai Demokrat Belum Tentu jadi Pemenang
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan masyarakat untuk tidak terpengaruh pada hasil penghitungan cepat (quick count) yang digelar sejumlah lembaga survey. Anggota KPU merangkap Ketua Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu, Andi Nurpati menegaskan bahwa hasil quick count bukanlah hasil akhir.

Menurut Andi, KPU tetap menghormati penyelenggranaan quick count sebagai salah satu metode ilmiah. “Kami menghormati. Itu (quick count) salah satu metode ilmiah. Tetapi itu bukan hasil akhir, belum tentu benar” ujar Andi kepada wartawan di KPU, Kamis (9/4) malam.

Mantan anggota Panwas di Lampung itu justru mempertanyakan jumlah dan cara pengambilan sample di TPS. Alasannya, jumlah TPS lebih dari 519.520, sedangkan jumlah TPS yang dijadikan sampling untuk quick count hanya 2000. “Jadi silahkan dihitung sendiri, jumlah TPS berapa, sample mereka berapa, berapa persen sampel itu?” ulasnya.

Andi mengakui, lembaga penyelenggara quick count tentunya memiliki system dan metode sendiri. “Tetapi kalau 500 ribu lebih (TPS) dibandingkan 2000 sampel, sistem error-nya berapa persen? Pasti tetap ada error,” imbuhnya.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan masyarakat untuk tidak terpengaruh pada hasil penghitungan cepat (quick count) yang digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News