Demokrat juga Unggul Versi LP3ES

Demokrat juga Unggul Versi LP3ES
Demokrat juga Unggul Versi LP3ES
JAKARTA - Secara resmi Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) mengumumkan hasil perhitungan cepat (quick count) pada Kamis (9/4) malam. Sampel diambil dari 5.985 responden di seluruh Tanah Air.

Hasilnya, dari 38 partai nasional dan enam partai lokal di NAD, hanya sembilan parpol yang diprediksi melampaui ambang batas parliamantery treshold (PT) 2,5 %. Dengan lain kata, hanya sembilan parpol yang akan memiliki wakil di DPR-RI.

Kesembilan parpol itu ialah Partai Demokrat dengan perolehan 19,6 %, Golkar (14,9 %), PDIP (14,8 %), PKS (7,7%), PAN (5,7%), PKB (5,6 %), PPP (5,0 %), Gerindra (4,5 %), dan Hanura (3,6 %). “Urutan ini masih dimungkinkan berubah, terutama untuk Golkar dan PDIP karena hanya berbeda 0,1 poin, berarti kemungkinan ada perubahan posisi kedua dan ketiga masih sangat mungkin, juga para posisi tengah,” ujar Kepala Divisi Penelitian LP3ES, Fajar Nursahid.

Soal kemungkinan margin of error, Direktur Eksekutif LP3ES Suryadi Suhardi mengemukan bahwa kemungkinan itu tetap ada. Namun berdasarkan pengalaman perhitungan cepat pada Pemilu 2004, error itu tidak akan terlalu tinggi. “Ini memang masih mungkin berubah, tapi kami yakin prediksi ini akan mendekati hasil yang akan diumumkan oleh KPU pada tiga minggu atau sebulan ke depan,” ujarnya.(gus/jpnn)

JAKARTA - Secara resmi Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) mengumumkan hasil perhitungan cepat (quick count)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News