Prajurit TNI AL Antusias Sumbangkan Darah, Lihat Fotonya

Prajurit TNI AL Antusias Sumbangkan Darah, Lihat Fotonya
Tampak para prajurit mendonorkan darahnya dalam rangka HUT ke-55 Kolinlamil. FOTO: Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Prajurit TNI Angkatan Laut khususnya prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar bakti sosial donor darah untuk disumbangkan sebagai bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.  

Donor darah ini dilaksanakan dalam menyambut HUT Ke-55 Kolinlamil tahun 2016. Acara ini dilaksanakan di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (25/5).

Kegiatan sosial donor darah ini dimotori oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil  Letkol Laut (K) dr. Hengky Setyahadi dan terlaksana atas kerja sama Dinas Kesehatan Kolinlamil dengan Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara.

Para pendonor, selain berasal dari anggota militer dan PNS Kolinlamil juga ada yang datang dari instansi lain. Di antaranya Mabesal, Armabar, Seskoal, RSAL Mintohardjo, Kormar, Brigif 2 Marinir, Lantamal III, Ladokgi, Lafial, Sekesal, Dishidros, Polres Jakarta Utara, Polres Pelabuhan, Yon Bekang, dan Kodim 0502 Jakarta Utara.

Sebanyak 464 orang antusias datang mendaftarkan diri sebagai peserta untuk ikut menyumbangkan darahnya. Namun hanya 241 kantong darah yang memenuhi syarat untuk diambil.

Menurut dr. Hengky, banyaknya peserta yang tidak dapat diambil darahnya oleh petugas, rata-rata sebabkan oleh tensi darah peserta yang masih tinggi dan HB darah yang tidak memenuhi syarat antara 13 - 17 miligram persen.

Sebelum peserta diambil darahnya masing-masing peserta mengisi formulir data selanjutnya dilakukan pengecekan tekanan darah dan pengetesan HB darah oleh petugas. Peserta yang memenuhi syarat dilanjutkan untuk pengambilan darahnya.

“Namun dari hasil yang dicapai hari ini sebanyak 241 kantong darah sudah maksimal,” ujar dr. Hengky seperti siaran pers Dispen Kolinlamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News