Indonesia Bersyukur, Ormas Gelar Apel

Indonesia Bersyukur, Ormas Gelar Apel
Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) sosial keagamaan, pemuda dan mahasiswa membentuk sebuah aliansi untuk menyelenggarakan apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni. FOTOL Aliansi for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) sosial keagamaan, pemuda dan mahasiswa membentuk sebuah aliansi untuk menyelenggarakan apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni.

Menurut  Sekretaris OC Aliansi Ugik Kurniadi, syukuran ini diselenggarakan sebagai salah satu respons positif menyambut ditetapkan Hari Lahir Pancasila 1 Juni oleh Presiden Jokowi melalui sebuah Keppres.

“Ini langkah maju dalam kehidupan bernegara sehingga tidak ada lagi keraguan sedikitpun tentang hari lahir Pancasila,” ujar Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Sabtu (28/5).

Dengan mengambil tajuk “Indonesia Bersyukur”, apel akan diikuti sekitar 10.000 anggota Ormas Aliansi. Di antaranya Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Walubi, Parisada Hindu dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Selain itu, kalangan mahasiswa, seluruh eksponen Kelompok Cipayung yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Kemudian forum komunikasi Alumni Kelompok Cipayung (KAHMI, PA GMNI, Forkoma PMKRI, IKA PMRII dan PN PS GMKI) serta belasan ormas pemuda lainnya.

Acara akan diselenggarakan pada hari Rabu 1 Juni 2016 di Tugu Praklomasi, Jakarta Pusat. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai atraksi budaya dan wayang kulit, dan diakhiri dengan pembacaan komunike bersama. Sejumah tokoh bangsa akan hadir, di antaranya Presiden Ke-5 Megawati Sukarnoputri.

Anggota SC, Hermawi Taslim, mengatakan ormas pemuda dan mahasiswa sangat antusias menyambut Keppres tentang hari lahir Pancasila ini.

“Setiap hari kami kewalahan menerima pendaftaran Ormas Pemuda untuk bergabung dengan Aliansi ini,” ujar Ketua Forum Komunikasi Alumni (FORKOMA) PMKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News