Pakai Gas Bumi PGN, Pabrik Pupuk Berhemat Rp 15 Miliar

Pakai Gas Bumi PGN, Pabrik Pupuk Berhemat Rp 15 Miliar
FOTO: PGN for jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Gas bumi banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Ya, gas bumi memiliki keunggulan lebih bersih, aman dan efisien dibandingkan bahan bakar lain. Selain itu gas bumi adalah produk dalam negeri.

Manfaat tersebut juga dirasakan PT Agri Timur Mas, produsen pupuk NPK di Gresik, Jawa Timur. Sejak 2008 perusahaan tersebut menikmati pasokan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

"Sudah delapan tahun kami pakai gas bumi sebagai bahan bakar untuk produksi pupuk NPK," kata Maintenance Executive Agri Timur Mas, Indra Lesmana, Selasa (31/5).

Indra mengungkapkan, penggunaan gas bumi sangat membantu perusahaan dalam menghemat penggunaan bahan bakar, terutama pada 2008-2010 karena harga solar saat itu mencapai Rp 9 ribu-Rp 10 ribu per liter.

"Penggunaan gas kami rata-rata mencapai 280.000 m kubik. Dengan menggunakan gas bumi yang saat itu harganya hanya sekitar Rp 4 ribu per meter kubik, lebih dari 50 persen penghematannya," ungkap Indra.

Ia menambahkan, dengan penggunaan gas bumi dalam 8 tahun terakhir ini, perusahaanya dapat menghemat sekitar Rp 15,12 miliar.

"Hitung-hitungan kami, selama pakai gas bumi dari PGN, kami bisa hemat Rp 15,12 miliar," ucapnya.

Indra menambahkan lagi, yang membuat pihaknya lebih senang lagi, pelayanan yang diberikan PGN juga sangat bagus.

JAKARTA - Gas bumi banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Ya, gas bumi memiliki keunggulan lebih bersih, aman dan efisien dibandingkan bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News