Bantuan KKP Tahun ini Disalurkan Lewat Koperasi

Bantuan KKP Tahun ini Disalurkan Lewat Koperasi
Menteri KKP Susi Pudjiastuti saat berdialog dengan nelayan di Labuan Bajo, NTT, Senin (6/6). Foto dok Humas KKP

jpnn.com - LABUAN BAJO  - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun ini memilih menyalurkan bantuan melalui koperasi. Khususnya bantuan kapal dan alat penangkap ikan, akan diarahkan melalui koperasi.

Mekanisme itu ditempuh agar bantuan yang diberikan efektif, tepat sasaran dan bisa dipertanggung jawabkan.

Hal itu disampaikan Menteri KKP Susi Pudjiastuti saat berdialog dengan masyarakat dan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (6/6).

"Kami tidak bisa memberikan kapal kepada KUB (Kelompok Usaha Bersama) lagi. Jadi KUB bapak harus dirubah menjadi koperasi, karena koperasi berbadan hukum ada pertangung jawabannya," ujar Susi.

Selanjutnya, KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap akan mendorong perubahan struktur KUB nelayan menjadi koperasi dengan meratifikasi dan membantu pengurusan surat-surat yang diperlukan.

"Selesai pertemuan ini langsung buat koperasi, supaya kita bisa memberikan bantuan," imbuh Susi.

Dia juga menegaskan, menjaga laut sudah menjadi komitmen pemerintah, sedangkan nelayan hanya tinggal mencari ikan. Untuk itu, Susi berharap para nelayan menggunakan alat tangkap yang benar.

"Cara-cara menangkap ikan yang tidak benar,  baik dengan trawl (pukat harimau), portas (pottasium) dan dynamite atau bom ikan dihentikan," pinta wanita 51 tahun ini. (chi/jpnn)

LABUAN BAJO  - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun ini memilih menyalurkan bantuan melalui koperasi. Khususnya bantuan kapal dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News